PN SITUBONDO MENYEDIAKAN FASILITAS RUANG TUNGGU RAMAH ANAK UNTUK ANAK YANG TIDAK DITAHAN

DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PENGADILAN RAMAH ANAK, PN SITUBONDO MENYEDIAKAN FASILITAS RUANG TUNGGU RAMAH ANAK UNTUK ANAK YANG TIDAK DITAHAN

Gambar 1. Ruang Tunggu Ramah Anak untuk Anak yang Tidak Ditahan pada Pengadilan Negeri Situbondo

Situbondo – Selasa, 19 April 2022 Pengadilan Negeri Situbondo kini resmi menyediakan fasilitas baru untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih prima yaitu Ruang Tunggu Ramah Anak untuk Anak yang Tidak Ditahan. Fasilitas ini terletak diantara Ruang Laktasi dan Ruang Mediasi Pengadilan Negeri Situbondo.

Perlindungan atas hak-hak anak yang berhadapan dengan hukum merupakan kewajiban semua aparat penegak hukum. Anak merupakan penerus bangsa kelak, sehingga demi menghindari dampak negatif dari perkara yang dihadapi oleh anak terhadap jiwa dan perkembangan anak yang berhadapan dengan hukum maka dibangunlah sarana dan prasarana persidangan yang ramah terhadap anak salah satunya melalui Ruang Tunggu Ramah Anak untuk Anak yang Tidak Ditahan.

Sudah selayakanya ruang tunggu sidang bagi anak dipisahkan dari ruang tunggu sidang orang dewasa sebagaimana diatur di dalam Pasal 53 ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Penyediaan fasilitas Ruang Tunggu Ramah Anak ini juga sejalan dengan amanat SK Dirjen Badilum Nomor 2176 tahun 2017 tentang Pedoman Standar Minimal Sarana dan Prasarana Pengadilan Ramah Anak.

Ruang Tunggu Ramah Anak ini diperuntukkan untuk Anak Saksi dan Anak Korban ketika menunggu waktu persidangan mereka. Dengan memberikan ruang tunggu khusus yang terpisah dari orang dewasa diharapkan mampu memberikan rasa yang lebih nyaman dan aman bagi anak sehingga membantu menjaga psikologis anak yang sedang berhadapan dengan hukum.

Sebelumnya ruangan yang saat ini menjadi ruang tunggu ramah anak untuk anak yang tidak ditahan merupakan ruangan kosong yang tidak dipergunakan. Maka dari itu, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan dan menunjang program Akreditasi Penjaminan Mutu ruangan tersebut kemudian diubah menjadi Ruang Tunggu Ramah Anak dengan dekorasi interior yang nyaman serta dilengkapi pula dengan fasilitas penunjang seperti buku-buku bacaan menarik yang dapat dibaca oleh anak saksi dan anak korban sehingga saat menunggu persidangan mereka tidak akan merasa bosan tetapi malah dapat menambah wawasan mereka.

Ketua Pengadilan Negeri Situbondo, Abu Achmad Sidqi Amsya, S.H. berharap dengan disediakannya ruang tunggu ramah anak untuk anak yang tidak ditahan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi anak di Pengadilan Negeri Situbondo. “Penyediaan fasilitas ruang tunggu ini tentunya merupakan upaya dari Pengadilan Negeri Situbondo dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi kaum rentan utamanya anak yang berhadapan dengan hukum sehingga dapat terwujudnya Pengadilan Negeri Situbondo yang ramah anak” ujarnya.

%d blogger menyukai ini: